Nama Kandang Anyar Persib Ditentukan Lewat Pemungutan Suara

Masyarakat Bandung tak sepakat dengan nama Gelora Rosada.

Setelah dihujani kritik, terutama dari Bobotoh Persib Bandung, DPRD Kota Bandung akhirnya bersikap luluh dan siap mengikuti aspirasi masyarakat untuk menggelar pemungutan suara pemberian nama Stadion Utama Sepak Bola (SUS) Gedebage.

Selain akan jadi tempat pembukaan dan penutupan PON 2016, stadion yang terletak di kawasan Bandung Timur itu nantinya akan jadi kandang anyar Persib.


Sebelumnya, DPRD Kota Bandung berencana membentuk panitia khusus (pansus) untuk membahas nama apa yang tepat digunakan untuk SUS Gedebage. DPRD Kota Bandung awalnya setuju dengan penggunaan nama Gelora Rosada. Namun, sikap DPRD Kota Bandung tersebut langsung menuai kritik.

"Kami tidak akan membentuk pansus. Untuk pemberian nama stadion di Gedebage akan kami serahkan kepada masyarakat lewat proses polling," kata Ketua DPRD Kota Bandung, Erwan Setiawan.

Erwan menjelaskan, perubahan keputusan DPRD ini karena pihaknya ingin memastikan penggunaan nama stadion di Gedebage benar-benar mendapatkan restu dari mayoritas masyarakat Bandung, khususnya Bobotoh Persib.

Kontroversi mencuat ketika sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas), pengurus organisasi beberapa cabang olahraga dan salah satu kelompok suporter Persib, Bomber, mendukung penggunaan nama Gelora Rosada untuk stadion di Gedebage.

Klaim sejumlah kelompok dan organisasi massa tersebut, justru menuai kritikan dari Bobotoh dan masyarakat umum. Mereka menganggap penggunaan nama Gelora Rosada yang notabene diambil dari nama belakang Wali Kota Bandung, Dada Rosada, tak mewakili aspirasi masyarakat.

Seperti diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Edi Siswadi, SUS Gedebage dijadwalkan sudah bisa dipakai pada Mei 2013. Meski melenceng dari prediksi, namun Edi mengharapkan kehadiran SUS Gedebage mampu menampung antusiasme Bobotoh yang sangat tinggi.

"Stadion Siliwangi sampai saat ini belum bisa menjawab antusiasme Bobotoh. Hal itu terlihat pada pertandingan Persib lawan Persipura, banyak Bobotoh yang tidak bisa masuk ke stadion karena di dalam sudah penuh. Mudah-mudahan SUS Gedebage, Mei nanti sudah bisa digunakan," tandas Edi.

sumber : viva bola

No comments:

Post a Comment