Maman dan Firman Masih Pemulihan

Sempat dibekap cedera, Firman Utina dan Maman Abdurahman masih menjalani proses pemulihan. Meski sudah bergabung dalam sesi latihan siang di Stadion Siliwangi Bandung, Rabu (26/12), mereka masih menjalani program latihan terpisah dengan para pemain PERSIB lainnya.

Pelatih Djadjang Nurdjaman mengatakan, Firman dan Maman belum diikutkan dalam game internal yang digelarnya karena masih harus memulihkan kondisi kebugarannya setelah sekian lama absen latihan. "Mereka masih latihan sendiri untuk memulihkan kondisinya," kata Djadjang.


Kedua pemain ini mengalami cedera lutut pada saat tampil di turnamen pramusim Inter Island Cup (IIC) 2012. Dokter tim dr. Rafi Ghani menambahkan, untuk pemulihan kondisi fisik, kedua pemain tersebut membutuhkan waktu tiga hari ke depan.

***


Mencari Cuaca Panas saat Latihan

Agenda latihan PERSIB Rabu (26/12) berjalan tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Tim memulai latihan pukul 9.00 WIB di lapangan Stadion Siliwangi. Latihan yang berjalan selama dua jam tersebut menurut pelatih kepala Djadjang Nurdjaman merupakan kebijakan dari PERSIB sendiri untuk senantiasa ikut merawat kualitas lapangan.

"Memang sengaja kita latihan jam sembilan. Ada dua hal yang menjadi pertimbangan. Satu, karena kita latihan hanya satu kali, kita coba maksimalkan dan mencari panasnya, kalau pagi-pagi udara masih dingin karena hujan. Kedua, kita juga ingin menjaga kualitas rumput lapangan, karena kita sering pakai latihan, juga main di sini. Kita mulai jam sembilan saja lapangan masih basah karena hujan tadi malam," ujarnya.

Djadjang tidak ingin lapangan yang digunakan untuk latihan dan pertandingan resmi oleh PERSIB rusak karena terlalu sering digunakan latihan. Karena menurutnya, kualitas permainan PERSIB juga berpengaruh dengan tingkat kualitas lapangan yang dipakai.

"Kita harus bisa menjaga lapangan agar tetap enak digunakan. Kalau terlalu sering dipakai lapangan akan cepat rusak," ujarnya.

*** 

Supardi Paling Berpengalaman

Dari 22 pemain yang akan memperkuat PERSIB Bandung di Liga Super Indonesia (LSI) 2013, Supardi tercatat sebagai pemain paling berpengalaman. Sejak era LSI diputar pada musim 2008/2009, mantan pemain Sriwijaya FC itu sudah tampil dalam 124 laga, terbanyak kedua setelah gelandang Persipura Jayapura, Ian Louis Kabes (127).

Di bawah Supardi, untuk pemain PERSIB ada nama Maman Abdurahman dengan 120 laga, I Made Wirawan, Muhammad Ridwan (111), Atep (110) dan Hariono (107).

10 Pemain PERSIB Paling Berpengalaman di LSI
No.     Nama                                 Penampilan
1.       Supardi                              124
2.       Maman Abdurahman        120
3.       I Made Wirawan                111
4.       Muhammad Ridwan          111
5.      Atep                                     110
6.      Hariono                                107
7.      Abanda Herman                 106
8.      Tony Sucipto                       103
9.      Firman Utina                       98
10.    Asri Akbar                           95



sumber : persib.co.id

No comments:

Post a Comment