Ini Penyebab Kekalahan Persib Versi Yudi Guntara

Mantan pemain Persib Bandung era 90-an Yudi Guntara menilai, penyebab kekalahan eks timnya tersebut atas Persisam Samarinda pada semifinal Inter Island Cup (IIC) 2012, karena mental dan motivasi para pemain yang kurang baik.

Menurutnya, secara teknis tidak ada masalah karena jajaran pelatih sudah memberikan yang terbaik, untuk membawa Maung Bandung meraih kemenangan.


"Saya rasa itu kesalahan para pemainnya. Mental bertanding sama motivasi mereka sangat jelek. Kalau bicara masalah teknis, mungkin semuanya sudah tahu. Jajaran pelatih juga pasti sudah memberikan yang terbaik. Cuma, disini tinggal motivasi dan mental yang harus dibenahi lagi," ujar Yudi saat dihubungi wartawan, Senin (17/12/2012) sore.

Lebih lanjut Yudi menambahkan, tidak ada yang salah dalam strategi maupun skema yang diterapkan Pelatih Djadjang Nurdjaman. Sebab menurutnya, pada pertandingan sebelumnya di babak penyisihan Grup B, Maung Bandung mampu tampil maksimal.

"Saya rasa kalau menilai strategi atau formasi itu sudah benar. Dzumafo di depan seorang diri, itu juga enggak masalah. Buktinya waktu main di Siliwangi, Dzumafo di depan sendiri masih bisa menciptakan gol dan menang. Jadi jangan salahkan strategi. Yang saya lihat, justru pemainnya masih labil. Kurang menjalankannya dengan baik, jadi enggak ada gregetnya untuk bermain. Pemainnya kurang semangat dan enggak ada motivasi," ucapnya.

Dia berharap, para pemain dapat mengaplikasikan strategi yang diterapkan Djanur (sapaan Djadjang Nurdjaman) lebih baik, pada pertandingan ke depan.

"Untuk strategi saya kira sudah bagus, tinggal pemainnya saja. Bisa enggak menjalankan seperti itu," imbuhnya.

Yudi pun mengharapkan, Atep dan kawan-kawan jangan dulu jumawa dan tidak merasa terbebani, karena dari situ menurutnya mental para pemain tengah diuji.

"Memang sih Persib kan dibebankan untuk menang. Banyak yang menilai persib sudah bagus dan dipastikan akan menang. Mungkin pemain juga merasa terbebani dengan itu. Disitu mental pemain diuji, bagaimana menghadapi beban seperti itu. Saya lihat pertandingan kemarin beban itu pasti dimiliki para pemain, hingga permainan menjadi kurang greget," lanjut Yudi.

Disinggung mengenai laga perdana Maung Bandung di kompetisi Indonesian Super League (ISL) 2013, kontra Persipura Jayapura pada 13 Januari mendatang, Yudi berharap mental pemain dapat lebih baik agar mampu menuai hasil maksimal.

"Itu kembali lagi ke mental. Dalam artian mental bertanding. Jangan sampai permainan kemarin terulang kembali. Mudah-mudahan lawan persipura, para pemainnya sudah membangun mental yang baik dan bagus," tandasnya.

***

Persib Harus Lebih Banyak Berlaga di Luar Jabar

Persib Bandung kembali menuai hasil negatif, ketika bermain tandang saat dibungkam Persisam Samarinda 0-2 dalam semifinal Inter Island Cup (IIC) 2012 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (16/12).

Padahal pertandingan tersebut bukan dilangsungkan di kandang Persisam, melainkan di tempat netral karena ada perubahan regulasi yang dilakukan PT Liga Indonesia (LI) selaku pemilik hajat.

Namun hasil tersebut cukup membuktikan, jika Maung Bandung masih harus berbenah agar lebih baik, untuk menghadapi pertandingan tandang laiknya ketika bermain kandang.

Di mana saat menjalani babak penyisihan Grup B IIC beberapa waktu lalu, skuad besutan Pelatih Djadjang Nurdjaman tampil trengginas melahap semua pertandingan dengan kemenangan.

Menyikapi masalah ini, kapten Persib mengaku siap mengubah pandangan tersebut, dengan membenahi kekurangan tim sebelum kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013 digelar, yaitu dengan memperbanyak uji coba di laga tandang.

"Memang Persib identik dengan main kandang. Tapi ketika tandang hasilnya beda. Kami dari pemain sudah mengusulkan kepada pelatih agar sering main tandang di luar Jabar, untuk memperbaiki masalah kami dan siap untuk menghadapi liga nanti. Pertandingan kali ini menjadi ujian, sekaligus pelajaran buat kami. Sekarang belum terlambat, masih ada waktu untuk memperbaikinya sebelum kompetisi nanti," ujar Atep kepada wartawan belum lama ini.

Dia berharap, dengan banyaknya uji coba dalam partai tandang, mampu menghapus hasil buruk Maung Bandung dan tampil maksimal seperti di laga kandang.

"Mudah-mudahan, dengan beberapa kali uji coba di luar Jabar, bisa memperbaiki kekurangan kita dan bisa main bagus seperti di kandang," tutupnya.


sumser : inilahkoran.com

No comments:

Post a Comment