Nandang Optimistis Persib Raup 3 Angka, Asal...

Nandang Kurnaedi
Mantan pemain Persib Bandung era 90-an, Nandang Kurnaedi optimistis Maung Bandung dapat tampil lebih baik saat menjamu Persiwa Wamena di Stadion Siliwangi, Kamis (17/1/2013) sore ini. Dirinya pun yakin anak asuh Djadjang Nurdjaman mampu meraih tiga poin.

"Saya optimistis Persib mampu tampil lebih baik saat menghadapi Persiwa," kata Nandang kepada INILAH melalui sambungan telpon selulernya, Rabu (16/1/2013).


Dikatakan Nandang, semua dapat terwujud asalkan Atep dkk tidak mengulangi kesalahan-kesalahan saat melawan Persipura Jayapura beberapa hari lalu yang dinilainya masih ada beberapa kekurangan. "Jangan sampai kesalahan-kesalahan yang dilakukan para pemain, terutama dibabak pertama menjelang babak kedua, diulangi lagi. Seperti passing, kelihatannya monoton, selalu lurus sehingga mudah diantisipasi lawan," ucapnya.

Selain itu, kekompakan tim juga dinilai mantan gelandang Maung Bandung ini, tidak terlihat begitu baik. Sehingga jalannya pertandingan saat babak pertama terlihat monoton. "Kerjasama tidak muncul. Ini harus menjadi 'PR' untuk kang Djadjang, supaya kerjasama tim antar lini harus ditingkatkan lagi saat pertandingan nanti," ujarnya.

"Selain itu, tidak ada improvisasi tidak ada kreatifitas di lapangan. Kemarin monoton sekali dari belakang ke tengah atau dari belakang kedepan. Tetapi sewaktu Firman Utina diturunkan sepuluh menit sebelum pertandingan usai, variatifnya mulai terlihat, sebelum itu sangat tidak berkembang. Ini yang harus dibenahi," tambahnya.

Lebih jauh Nandang menjelaskan, lawan skuad Persib yang akan dihadapi pada laga nanti, tidak sebaik tim berjuluk Mutiara Hitam. Meski begitu, tim sekelas ISL asal Tanah Papua patut untuk diwaspadai. "Dibandingkan dengan Persipura, lebih baik Persipura. Tetapi tidak menutup kemungkinan tim-tim sekelas ISL dari Papua patut diwaspadai. Jangan sampai kita lengah, terutama kita sebagai tuan rumah," tegasnya. Untuk itu, dirinya berharap para penggawa Maung Bandung memperbaiki kolektivitas antar lini.

***

Umuh Minta Skuad Persib Harus Ngotot

Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar meminta skuad Persib mempertahankan ritme permainan saat menjamu Persiwa Wamena di Stadion Siliwangi, Kamis (17/1/2013).

"Anak-anak harus bermain seperti melawan Persipura, ritme itu yang harus dijaga. Bahkan bila perlu tampil ngotot," kata Umuh di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (16/1/2013).

Dikatakan Umuh, dengan melihat penampilan anak asuh Djadjang Nurdjaman saat menjamu tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut, mengaku merasa tenang, lantaran tim mampu mengimbangi permainan yang disuguhkan tim lawan. "Seperti kemarin lawan Persipura, saya melihatnya juga tidak panik, karena mereka main bagus, bisa mengimbangi permainan lawan. Saya senang anak-anak tidak lagi mengulang kesalahan saat bertanding melawan Persisam Samarinda sewaktu di Solo," ucapnya.

Meski hasil akhir tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, namun dengan melihat semangat juang dan kerja keras yang ditunjukan Atep dkk, manajer berusia 65 tahun itu pun memberikan hadiah kepada tim, sebagai rasa terima kasihnya. "Saya kasih mereka bonus dari dana pribadi saya sendiri, walaupun imbang, mereka bermain bagus dan mau kerja keras agar tidak sampai kalah. Kemarin itu cuman karena nasib kita belum bagus. Dewi fortuna belum memihak kita," jelasnya.

***

Inilah Head To Head Persib-Persiwa

Selama bermain di kandang sendiri. Persib Bandung selalu menuai hasil positif jika bersua tim Persiwa Wamena. Pada musim lalu, ketika ditukangi caretaker Robby Darwis, Persib sukses menggilas Persiwa 3-0 di Stadion Siliwangi. Namun pada laga sebelumnya di Wamena, Atep dan kawan-kawan dipermak dengan skor yang sama oleh Persiwa.

Sedangkan dari data statistik lima pertandingan terakhir, Persib berhasil menang tiga kali, satu kali imbang, dan satu kali kalah. Sementara Persiwa menuai tiga kali kekalahan dan dua kali imbang.

Head To Head Persib Bandung vs Persiwa Wamena

05 Mei 2012 Persib 3 – 0 Persiwa (ISL)

23 Feb 2012 Persiwa 3 – 0 Persib (ISL)

.

Lima Pertandingan Terakhir Persib Bandung

13 Jan 2013 Persib 1 – 1 Persipura (ISL)

16 Des 2012 Persib 0 - 2 Persisam (IIC)

05 Des 2012 Persib 3 - 2 Persidafon (IIC)

03 Des 2012 Persepam 0 - 3 Persib (IIC)

01 Des 2012 Persib 2 - 0 Gresik United (IIC)

.

Lima Pertandingan Terakhir Persiwa Wamena

13 Jan 2013 Persita 2 – 1 Persiwa (ISL)

11 Jul 2012 Persiba Balikpapan 3 - 1 Persiwa Wamena (ISL)

04 Jul 2012 Gresik United 1 - 0 Persiwa Wamena (ISL)

27 Jun 2012 Persiwa Wamena 1 - 0 Persisam (ISL)

23 Jun 2012 Persiwa Wamena 3 - 1 Mitra Kukar (ISL)

Laga antara Persib kontra Persiwa di Stadion Siliwangi Bandung, Kamis (17/1/2013), akan dimulai pukul 15.30 WIB dan rencananya disiarkan langsung TVOne.


sumber : inilahkoran.com

No comments:

Post a Comment